Selasa, 14 Agustus 2012

Abi dan Ray


Abi menatap kosong sepasang anak manusia yang lagi asik ngobrol dibawah pohon akasia. Sebenernya ia masygul banget. Yang cewek nampak ceria banget, cerita dengan sesekali diselingi tawa ngakak (ceweknya kerasukan penunggu pohon kali) karena si cowok terkadang tersenyum simpul ngeliat reaksi cewek didepannya asik ketawa sendiri, tapi Abi bisa nangkep kalo cowok itu juga lagi seneng.

“Bengong terus.. emang penyakit lu akhir-akhir ini sering banget kumat!!” Dewi, si cewek cantik bertubuh mungil menepuk pundak Abi dari belakang. Sementara yang ditepuk cuma mengulum senyum (persis kayak ABG lagi digodain temen-temen se geng pas lagi deket dengan lawan jenisnya).

Dewi melompati bangku taman persis anak parkour lagi show tanpa merasa malu dengan orang-orang yang memperhatikannya. Abi cuma melirik malas kearah temannya yang jadi pusat perhatian anak-anak kampus. Dewi yang sadar dengan keadaan yang sarat menjatuhkan harga dirinya langsung melotot kearah orang-orang yang meratiinnya dengan sarkastis seakan nantangin bala’, “Apa lu semua liat-liat?”. Dan seketika semua langsung menunduk lesu tak bertenaga. Seakan semua energi dari orang-orang itu terserap habis dengan ketajaman plototan mata Dewi.

“Lu gahar banget jadi cewek. Cowok-cowok jadi takut deketin lu.”Abi membuka suara namun tatapannya masih mengarah ke dua pasang anak manusia dibawah pohon tadi. India banget sih mereka. Eneg...
“Gue gak separah dengan apa yang lu bilang tadi kok. Beneran, suer tekewer-kewer deh.” Dewi mengangkat dua jari tangannya keudara tanda bersumpah. Tapi Abi Cuma menatapnya dengan tampang menjijikkan. “Lu jijik ya dengan gue? Emang gue t#@ apa?” Dewi bersungut mendapati tatapan Abi yang membuatnya jengah.
Abi berpaling lalu mengamati lagi dua manusia yang masih aja duduk-duduk santai (kayak lagi tamasya di kampus). Dewi yang ngerti banget dengan tingkah Abi yang gak seperti biasanya – yang biasanya jingkrak-jingkrak, teriak-teriak ala scream sampe urat leher hampir putus, jedutin pala’ sendiri ke dinding kelas, hah?- langsung menghentikan surfing internetnya. Ia mendadak lesu ngeliat Abi kayak gini, diperhatiinnya Abi mulai dari kaki sampe pala’, Abi terlihat calm down, sexappeal nya keluar banget. Dewi tau siapa orang yang lagi diperhatiin Abi.
            “Kita cabut aja nyok dari sini, mau charge laptop nih.”Dewi langsung men-shutdown laptop nya yang emang udah hampir mati. Tapi Abi menggeleng, sesekali ia menyeruput air mineral yang nemenin dengan setia jauh sebelum Dewi dateng. “Kaki gue lagi asik berayun nih.” jawab Abi tanpa menoleh yang sempet membuat Dewi melongo sekian detik. Sinting!!! umpat Dewi  dalam hati.
            “Lu pernah gak sih ngerasain kayak gini? Gue kok rasanya masygul banget. Rasanya kayak ada yang ilang yang gak bisa disebutin apa yang ilang itu.” Dewi nunduk aja sambil meresapi omongan Abi dalem-dalem, kalah dalem dengan nasehat orang tuanya yang nyuruh berhenti ngebut-ngebutan dijalan kalo bawa motor matic nya.
            Dewi langsung beranjak berdiri, lalu menarik lengan Abi yang hampir dipenuhi otot karna mulai keranjingan fitnes. Dewi menuju kearah masjid lalu menyuruh Abi cepet-cepet ambil wudhu, “Lu sholat gih sono. Gue sekarang rada males dengerin lu curhat trus. Sekarang lu curhat aja sana sama Yang Kuasa. Kali aja....ada...pencerahan...” Dewi memperlambat intonasi ngomongnya karna melihat Abi yang stay cool sambil ngigitin bibir bawahnya. “Gak usah sok imut deh lu. Lu tuh jelek tau!!!” Dewi langsung memalingkan mukanya dari Abi yang masih berdiri didepan masjid.
            “Lu gak ikutan sholat nih?” tanya Abi sedikit berteriak.
            “Gak usah banyak tanya!! Lu ngerti kan???” jawab Dewi dengan teriakan kecil yang cukup membuat jamaa memandang skeptis kearah Dewi melalui jendela masjid. Dewi masa bodo’ lalu melenggang menuju selasar mengganggu anak-anak yang lagi enjoy surfing internet sambil nge-charge laptop.

Anak-anak udah mulai sepi. Wajarlah udah hampir jam 3. Matahari diluar terik banget, ia lagi semangat-semangatnya nantangin anak-anak manusia yang sombong. Abi dapet sms dari Dewi “tunggu gue di jurusan kalo lu masih mau idup!!”. Begitulah isi pesan Dewi untuk terakhir kalinya pada hari itu. Karna beberapa menit kemudian bukan Dewi yang muncul.
Abi masih aja stay cool sambil mainin handphone-nya. Ia tau kalo orang yang dateng itu pasti suruhan Dewi. Abi gak nyangka kalo pikiran Dewi sepanjang itu, ia berani nyuruh orang yang di idam-idamkannya selama ini buat nemuinnya. Tolol banget sih tuh anak!! Kok malah disuruh nemuin gue.
            “Dewi pulang duluan - maaf ya, tadi aku yang nyuruh dia duluan. Lagian dia juga mau jemput adeknya.”
Abi menggigit bibir bawahnya menahan tawa. Bahasanya terlalu formal pake ‘aku-kamu’ segala. Dan Dewi jemput adeknya? Hahahaha. Tuh anak hobi banget jemputin adek orang. Idiot!! Namun ia mencoba bersikap biasa lalu membalas omongan lawan bicaranya dengan hanya mengangguk.
            “Aku udah tau semuanya – jauh sebelum Dewi cerita – tapi aku..
            “Kalo ini menyangkut perasaan – aku gak papa kok, toh kamu juga sekarang udah jadi punya orang.” Abi menahan kata terakhirnya.
            “Kita jarang ketemu, aku juga terlalu takut buat deket-deket kamu. Pas pertama aku liat kamu...
            “Gak usah ngomongin masalah pandangan pertama dong...
            “Aduh, please kamu jangan potong omongan aku dulu... Hahahahaha...”
            Shit!!! Manis banget dia ketawa. Angle-nya dapet.
            Fans kamu kebanyakan, Bi. Aku minder kalo harus saingan sama mereka. Kamu liat aku – aku biasa aja.” Abi memandang lawan bicaranya itu, matanya teduh tapi tajam menatap.
            “Aku gak pernah tau kalo kamu orangnya minderan. Untungnya kita gak jadian, ya. Ntar kalo kita jadian – pas kamu jalan sama aku – kamu kebanyakan mindernya.” Abi mencairkan suasana. Berhasil! Dia ketawa lagi.
            “Emang kamu pernah mikir jadian dengan orang kayak aku? Kamu jangan mandang aku skeptis kayak gitu dong. Gini-gini – kamu juga suka kan sama aku?”
            “Ih.. pede banget ngomongnya. Siapa yang bilang kayak gitu?” Abi menahan tawanya, stay cool adalah jurus pamungkasnya untuk berhadapan dengan lawan jenis yang charming kayak gini.
            “Dewi cerita.”jawabnya pendek.
            Hah? Pengen banget gue jambak-jambak rambut Dewi kalo ketemu. Gue kan gak pernah cerita kalo suka sama nih anak.
            Abi menarik napasnya – panjang. Kemudian ia beranjak dari duduknya. Perlahan berjalan pergi.
            “Aku gak pernah sedetik pun jadian dengan Keke...’ langkah Abi berhenti sejenak tanpa menoleh, kaget dengan apa yang dikatakan Ray tadi. Ia tersenyum simpul. ‘pas pertama ketemu dan kenal, aku berusaha buat nahan perasaan ini – aku mulai nyari tau tentang kamu, aku biarin perasaan ini – sampe akhirnya aku ngerti dan yakin banget....
Mengalirlah cerita dari bibir Ray yang membuat Abi tertahan buat pergi. Ia menyandarkan diri di dinding sambil garuk-garukin kepalanya yang emang gatel.
            “Udah kan ceritanya?” Abi berkacak pinggang menghadap seseorang yang hampir ditinggalinnya. Dia yang cerita sambil menutup muka dengan kedua telapak tangannya memandang Abi yang tertahan senyumnya. Manis. Dia cuma senyum balik .
            “Aku mau – pulang – bareng kamu...” Abi menahan senyum – tertunduk malu dan – berbalik arah keluar dari jurusan.
            Dia tersenyum sambil berjingkrak kegirangan. Ia mendendang lagunya James Blunt - You’re Beautiful,  lalu menyusul Abi yang beberapa meter ninggalinnya.
            “EH ONTA!!” Dia belum noleh dengan teriakan itu.
            “RAY!!!! GUE TAU!!! LO BAKALAN JADIAN SAMA TEMEN GUE!! HAHAHAHA..”itu teriakan Dewi – si cantik yang godak dengan jeans belelnya.
Abi yang mendengar suara itu, cuma tersenyum simpul tanpa menoleh ke siapapun. Tidak juga ke Ray. Itulah Abi – 

Endingnya.. 

"Ehem..." Ray berdehem sengaja mengambil perhatian Abi dan disaat yang sama rambut Abi yang panjang sebahu diterpa lembut angin senja. Hal itu sempat membuat mata Ray melirik kearah Abi yang tampil cantik dengan bandana berwarna merah dan cardigan rajut katun dengan warna senada.
"Kalo sakit berobat." reaksi ini yang gak mau Ray denger. Tapi ia cuma ketawa, dan gak berapa lama disusul Abi. 
"Kita jadian kan?"tanya Ray yang masih menatap lurus kedepan. Kearah anak-anak yang lagi nyabutin rumput taman. 
"Ababil banget pertanyaannya. Hahahaha." jawab Abi yang lagi-lagi - bukan ini jawaban yang diharepin Ray. 
Buat komitmen Ray, karna aku udah mulai sayang sama kamu. 
"Kayaknya gak perlu lagi diomongin dengan kata-kata ya, Bi?"ujar Ray lalu menenggak air mineralnya. 
"Iya, kita udah cukup ngerti kan?" Abi tersenyum manis lalu menyeruput jus kalengan ditangannya.